Selasa, 18 Maret 2014

Karakteristik Wirausaha Sukses

Karakteristik Wirausaha Sukses
Anda dan anggota keluarga lainnya mungkin saja memiliki ciri, sifat dan karakter sebagai seorang wirausaha. Coba perhatikan daftar berikut ini dan tanyakan pada diri anda atau amati anggota keluarga yang lain, apakah seluruh ciri dan sifat berikut melekat dalam kehidupan anda?
Karakteristik Wirausaha Sukses:
a) Lebih menyukai resiko yang diperhitungkan;
b) Keinginan untuk selalu memperbaiki diri;
c) Yakin atas kemampuannya untuk meraih sukses;
d) Memiliki energi yang tinggi;
e) Berorientasi ke masa depan;
f) Terampil berorganisasi;
g) Selalu menilai prestasi lebih tinggi daripada uang;
h) Suka bekerja keras, rajin, disiplin dan jujur;
i) Berani bertanggung jawab.

Setelah mengamati daftar di atas, apakah anda atau anggota keluarga anda memiliki ciri dan sifat sebagai wirausaha? Adapun karakteristik dan kualifikasi wirausaha yang tangguh, andal dan unggul mencakup hal-hal berikut:
a) Memiliki rasapercaya diri dan sikap mandiri yang tinggi untuk berusaha mencari penghasilan dan keuntungan melalui peusahaan.
b) Mau dan mampu mencari dan menangkap peluang usaha yang menguntungkan serta melakukan apa saja yang perlu untuk dimanfaatkan.
c) Mau dan mampu bekerja keras dan tekun dalam menghasilkan barang dan jasa serta mencoba cara kerja yang lebih tepat dan efisien.
d) Mau dan mampu berkomunikassi, tawar-menawar dan musyawarah dengan berbagai pihak yang besar pengaruhnya pada kemajuan usaha terutama para pembeli atau langganan.
e) Menghadapi hidup dan menangani usaha dengan terencana, jujur dan disiplin.
f) Mencintai kegiatan usaha dan perusahaannya serta lugas dan tangguh, tetapi cukup luwes dalam melindunginya.
g) Mau dan mampu meningkatkan kapasitas diri sendiri dan kapasitas perusahaan dengan memanfaatkan dan memotivasi orang lain serta melakukan perluasan dan pengembangan usaha dengan resiko yang moderat.
h) Berusaha mengenal dan mmengendalikan lingkungan serta menggalang kerja sama yang saling menguntungkan dengan berbagai pihak yang berkepantingan terhadap perusahaan.
i) Berpikir dan bertindak strategis dan adaptif terhadap perubahan dalam berusaha mencari peluang manfaat termasuk yang mengandung resiko besar dan dalam mengatassi masalah.
j) Selalu berusaha untuk mendapatkan manfaat melalui berbagai keunggulan dalam memuaskan pengguna jasa.
k) Berusaha mengenal dan mengendalikan kekuatan dan kelemahan lembaga serta meningkatkan kemampuan dengan sistem pengendalian intern.
l) Selalu berusaha meningkatkan kemampuan dan ketangguhan terutama dengan pembinaan motivassi dan semangat kerja serta pemupukan permodalan.
m) Berani mengambil resiko serta mampu memperhitungkan dan berusaha menghindarinya.
n) Selalu berupaya mencapai dan menghasilkan karya bakti yang lebih baik untuk pengguna jasa, pemilik, pemasok, tenaga kerja, masyarakat, bangsa dan negara.
o) Antisipasi terhadap perubahan, akomodatif terhadap lingkungan.
p) Kreatif mencari dan menciptakan peluang, meningkatkan produktifitas dan efisiensi.
q) Selalu berusaha meningkatkan keunggulan dan citra lembaga melalui investasi baru di berbagai bidang.

Tidak ada komentar: